Solder Uap Ternyata Tidak Sama Dengan Solder Biasa, Kenali Perbedannya

Sebelum mengetahui semuanya, Anda juga perlu memahami bahwa solder uap tidak sama dengan solder biasa. Meskipun kedua alat ini memiliki fungsi yang sama tetapi kedua jenis solder ini memiliki perbedaan. Yuk, kenali dulu perbedaan kedua jenis alat ini pada informasi berikut ini.

Apa Itu Solder Biasa?

Solder biasa pada umumnya merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memperbaiki suatu alat atau komponen. Solder jenis biasa ini memang memiliki harga yang relatif lebih murah dan sangat mudah digunakan. Walaupun solder biasa termasuk dalam alat yang murah dan biasa, Anda juga perlu memperhatikan kualitas supaya dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Perbedaan Solder Biasa Dengan Hot Blower Air

Berdeda dengan solder biasa, solder ini menggunakan uap panas sebagai tenaga utamanya. Solder biasa menggunakan ujung mata besi yang panas untuk melelehkan timah. Sedangkan solder uap panas digunakan sebagai pelehan timah tanpa harus menyentuhnya. Jadi, proses pelelehan komponen menggunakan udara panas.

Metode Penggunaan Hot Blower Air

Hot blower air memiliki dua metode dalam penggunaannya. Metode pertama ialah menggunakan heating atau kekuatan panas. Uap panas ini dihasilkan dari mata solder. Dari metode ini, Anda bisa menentukan suhu sesuai dengan yang Anda kehendaki. Metode kedua yaitu hembusan udara yang dikeluarkan. Dua metode ini bisa bekerja sama antara satu dengan yang lainnya.

Keistimewaan Hot Blower Air Dengan Solder Biasa

Dibandingkan dengan solder biasa, ada beberapa keunggulan yang bisa diandalkan dari hot blower air, di antaranya adalah dapat digunakan sebagai solder atau disoldering komponen SMD atau yang disebut Surface Mount Technology. Selain itu, Anda dapat mengatur suhu mulai 100 hingga 500 derajat celcius. Sedangkan solder biasa, anda tidak bisa mengukur seberapa besar suhu yang digunakan.

Pengaturan panas suatu suhu bisa dianalisa menggunakan heat energy test. Fungsi dari solder uap ini juga digunakan sebagai pelindung komponen yang diakibatkan listrik statis.  Penggunaan ini diaplikasikan dengan teknologi circuit anti statis selama alat bekerja.

Demikian perbedaan kedua solder yang perlu Anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *